Pages

Selasa, 15 Mei 2012

INFO KESEHATAN

Mengenal Penyakit 
Elephantiasis

Mungkin kalian tahunya kalau penyakit yang satu ini karena gigitan nyamuk, tapi kalian tahu tidak kalau penyakit ini ternyata bukan karena gigitan nyamuk itu, tapi apa yang dimasukkan nyamuk itulah yang menyebabkan penyakit ini.

Adalah salah satu jenis cacing golongan filaria yang menyebabkan penyakit ini, beberapa spesies yang terkenal salah satunya adalah cacing Filaria bancrofti, seperti apakah cacing ini ??

Ini dia...

Berkas:Wuchereria bancrofti 1 DPDX.JPG 

      Cacing ini bisa menyebabkan elephantiasis karena hidupnya di saluran limfe yang nantinya bila jumlahnya banyak bisa menyumbat saluran limfe tersebut sehigga kaki ini menjadi bengkak. 

      Pada saat dewasa, cacing ini menghasilkan telur kemudian akan menetas menjadi anak cacing berukuran kecil yang disebut mikrofilaria
      Selanjutnya, mikrofilaria beredar di dalam darah. Larva ini dapat berpindah ke peredaran darah kecil di bawah kulit. Jika pada waktu itu ada nyamuk yang menggigit, maka larva tersebut dapat menembus dinding usus nyamuk lalu masuk ke dalam otot dada nyamuk, kemudian setelah mengalami pertumbuhan, larva ini akan masuk ke alat penusuk. 
     Jika nyamuk itu menggigit orang, maka orang itu akan tertular penyakit ini.Penderita dengan gejala dini, artinya belum terjadi pembengkakan, dokter akan memberi obat, diantaranya DEC (dietilkarbamazin) untuk mengurangi rasa nyeri, dan bila sudah terjadi pembengkakan dan pengerasan mungkin akan dilakukan langkah operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar